Senin, 24 Agustus 2015

Mengenal dan melestarikan seni Kuda Lumping



Duaaarr....!!  Suara pecutan menandai dimulainya pertunjukkan kuda lumping . Sebuah seni tari yang dimainkan dengan alat kuda tiruan dan terbuat dari anyaman bambu atau kepang. Sampai saat ini, tidak diketahui secara pasti yang bisa menjelaskan asal usul  maupun sejarah kesenian kuda lumping . Cerita tentang kuda lumping hanya diturunkan dari mulut ke mulut saja.
kuda lumping
Pemain kuda lumping seperti punya kekuatan supranatural!
Konon, tari kuda lumping merupakan bentuk apresiasi dan dukungan rakyat jelata terhadap pasukan berkuda Pangeran Dipenogoro  dalam menghadapi penjajah Belanda.
Adapula cerita lain yang menyebutkan bahwa tarian ini menggambarkan kisah perjuangan Raden Patah yang dibantu oleh Sunan Kalijaga, melawan penjajah Belanda.
Para pemain kuda lumping  ini terlihat seperti orang kesurupan. Dilihat dari cara permainannya, para penari kuda lumping seperti mempunyai kekuatan besar, bahkan terkesan memiliki kekuatan supranatural. Kesenian tari yang diiringi oleh musik gamelan seperti; gong, kenong, kendang dan slompret ini, bisa mampu membuat para penonton takjub dengan setiap atraksi yang mendebarkan!
Diawali dengan sebuah pecutan yang keras, kuda lumping mulai berjingkrak-jingkrak dan menari. Beberapa saat kemudian, si penunggang kuda melahap beling tanpa rasa sakit. Malahan, seperti orang yang kelaparan! Atraksi ini yang ditunggu-tunggu oleh penonton!
Meriahnya atraksi kuda lumping makin lengkap dengan ditampilkannya semburan api. Semburan api yang keluar dari mulut para pemain lainnya, diawali dengan menampung bensin di dalam mulut mereka lalu disemburkan pada sebuah api yang menyala pada setangkai besi kecil.

Tak lupa di akhir pertunjukkan, penonton memberikan saweran, sebagai bentuk penghargaan kepada para pemain yang hebat itu! Wah seru ya!

Anda bisa melihat / menonton beberapa video pementasan kesenian kuda lumping yang dilakukan oleh siswa SD atau lainya di link berikut ini:
1. https://www.youtube.com/watch?v=h2noJjYfrfs
2. https://www.youtube.com/watch?v=gDBIs6y49V0
3. https://www.youtube.com/watch?v=VOExJNyXmp4
4. dan lainya di Youtube...

Untuk mendapatkan alat permainan kuda lumping ini (Kuda lumping beserta pecut, dan sebagainya) anda bisa membuka link dibawah ini untuk memesan / membeli. Tersedia paket penjualan kuda lumping beserta pecut sesuai dengan keinginan anda.


3. Atau anda bisa SMS / Telpon dahulu ke nomor 087837622313, untuk pemesanan diluar TOKOPEDIA dan BUKALAPAK (Bisa nego harga paket reseller minimal pesan 12 buah dengan harga khusus, untuk dikirimkan lewat TIKI (Reguler / Over Night Servis) atau POS Indonesia, agar biaya kirim lebih ekonomis.. terutama bagi yang berada di luar Pulau Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar