Senin, 21 September 2015

Mengenal Kerajinan Caping (Topi Bambu Petani), dan kegunaanya

 


Anda tahu yang namanya caping? Apa anda juga pernah memakainya? Yups, caping merupakan topinya para petani. Topi ini terbuat dari anyaman bambu yang bentuknya seperti gunung, mengerucut ke atas. Selain itu, terdapat tali dibagian bawah untuk menjaga keseimbangan pemakainya agar tidak mudah lepas.

Bentuknya sangat khas sehingga sangat disukai oleh para petani di desa. Selain itu, caping ini mampu melindungi kepala dari sengatan matahari di siang hari. Hal yang jaman sekarang ini sudah jarang terlihat. Arus budaya dari luar terus menggerus nilai-nilai budaya lokal yang luhur.


Cara pembuatan ayaman bambu topi caping ini terbilang cukup rumit, pola dan teksturnya harus sama agar terlihat rapi dan teratur. Harga topi caping petani ini sangat beragam, ada yang berukuran besar dan ukuran kecil. Semua tergantung dari pesanan pelanggan.

Selain fungsinya sebagai topi petani yang digunakan ketika pergi ke sawah atau ladang, Caping polos juga berguna bagi para siswa-siswi di sekolah, baik tingkat TK, SD, SMP dan SMA sebagai media atau bahan melukis. Hasil lukisan yang dihasilkan pada media caping juga dapat bernilai ekonomis, selain nilai seni itu sendiri. Sehingga dapat dijadikan sebagai komoditas / dijual kepada penikmat seni.

Jika anda menginginkan produk caping polos ini, anda bisa membuka link dibawah ini untuk memesan / membeli. Tersedia paket penjualan caping polos sesuai dengan keinginan anda.

2. Atau anda bisa SMS / Telpon dahulu ke nomor 087837622313, untuk pemesanan diluar TOKOPEDIA dan BUKALAPAK (Bisa nego harga paket reseller minimal pesan 12 buah dengan harga khusus, untuk dikirimkan lewat TIKI (Reguler / Over Night Servis) atau POS Indonesia, agar biaya kirim lebih ekonomis.. terutama bagi yang berada di luar Pulau Jawa.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Caping 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar